Tips Belajar Bahasa Inggris Versi Anak Muda Mileni...

Image

Kemampuan berbahasa asing merupakan sebuah soft skill paling penting untuk mendukung kemampuan berkomunikasi dalam jangkauan lebih luas. Kemampuan ini juga menjadi modal dasar perkembangan interpersonal skill sekaligus kunci penting bagi kompetensi lainnya.

Walaupun banyak bahasa asing yang sedang nge-trend, bahasa Inggris tidak akan tenggelam dan akan tetap digunakan. Mengingat bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Sehingga belajar berbahasa Inggris merupakan sebuah hal yang sangat dianjurkan, terutama untuk generasi penerus bangsa.

Sejak kita duduk di bangku sekolah dasar hingga sekolah menengah atas atau mungkin hingga perguruan tinggi, kita terus mendapat mata pelajaran bahasa inggris. Hal ini karena pemerintah mengharapkan agar kita mampu berbicara atau menguasai bahasa inggris.

Akan tetapi, ekpektasi tersebut ternyata tidak sesuai dengan realita. Banyak orang yang kurang menyadari akan pentingnya belajar bahasa inggris. Belajar bahasa inggris dinilai sebatas untuk melengkapi standar pembelajaran yang ada. Sehingga banyak orang yang mengabaikan atau tidak bersungguh-sungguh dalam mempelajarinya.

Untuk itu, dalam kesungguhan belajar bahasa inggris sebaiknya kita mulai dari kesadaran dalam diri pribadi. Selanjutnya kita mengatur metode atau langkah terbaik agar belajar bahasa inggris terasa menyenangkan dan tentu tidak terasa membosankan. Hal ini juga yang mungkin di harapkan para milenial saat ini. 

Karenanya, disini kami akan mencoba sedikit memberikan beberapa tips balajar bahasa Inggris yang cocok diterapkan untuk anak muda milenial. Berikut diantaranya :

1. Mendengarkan lagu bahasa Inggris

Mendengarkan lagu merupakan kegiatan menyenangkan yang biasanya sering kita lakukan untuk menghibur diri. Tidak hanya itu, mendengarkan lagu ternyata juga bisa kita manfaatkan menjadi sarana belajar. Sering mendengarkan lagu berbahasa inggris merupakan salah satu cara yang dapat membantu kita dalam belajar bahasa inggris.

Dengarkan lagu bahasa inggris hingga Anda hafal lirik dari lagu tersebut. Kemudian cobalah untuk mencari kata kata asing yang baru Anda dengar. Kemudian carilah makna atau arti dari kata tersebut. Hal ini dapat membantu menambahah vocabulary Anda.

2. Mendengarkan podcast bahasa inggris

Mendengarkan podcast juga bisa membantu kita dalam belajar bahasa inggris. Beda hal nya dengan lagu, podcast ini tidak di sertai irama musik, hanya berisi seseorang yang berbicara. Bisa di bilang mirip seperti mendengarkan perbincangan seseorang di radio. 

Sekarang ini pun akses untuk mendengarkan podcast sangatlah mudah. Banyak aplikasi-aplikasi yang menyediakan podcast secara gratis. Kita tinggal menginstal aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi yang menyediakan podcast seperti british council, pocket casts dan bahkan podcast juga tersedia di sportify. 

Mendegarkan podcast juga dapat membantu meningkatkan kemampuan listening kita. Dengan sering mendengarkan podcast kita akan lebih terbiasa mendenggarkan bagaimana native speaker berbicara. Sehingga, pada saat ada ujian listening seperti TOEFL atau ujian lainnya Anda tidak akan kaget lagi, karena Anda sudah terbiasa mendengarkan seseorang berbicara bahasa inggris. Dan pasti Anda paham tentang apa yang telah dikatakan.

3. Nonton film dengan subtitle bahasa inggris

Sudah tidak diragukan lagi, menonton film pastinya telah menjadi hal yang disukai oleh kebanyakan anak muda milenial. Untuk itu, manfaatkan kebiasaan menyanangkan ini sambil belajar untuk mengasah kemampuan kita dalam berbahasa inggris.

Ketika kita menonton film usahakan kita menggunakan subtitle bahasa inggris. Selain dari suara dan kata kata, kita juga harus memperhatikan mimik muka dan cara bicara si pemain. Tentang bagaimana pengucapannya yang benar atau tentang bagaimana ekspresinya ketika mereka melakukan sesuatu. 

Setelah menonton film, jika Anda rasa Anda kurang paham tentang kalimat apa yang di ucapkan oleh si pemain, cobalah untuk membuka kamus dan cari kata apa yang kurang dipahami. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui kata kata baru yang dapat menambah vocabulary yang ada di otak Anda.

4. Rajin Baca Novel Bahasa Inggris

Bagi Anda yang memiliki hobi membaca novel, mungkin kegiatan ini bisa menjadi sarana Anda dalam belajar bahasa Inggris. Anda bisa mencoba membaca novel berbahasa Inggris untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris Anda.

Sekarang ini sudah banyak novel-novel bahasa Inggris yang telah bertebaran di toko buku. Adapun jika Anda menginginkan yang gratis, banyak juga situs open-source yang menyediakan novel berbahasa Inggris.

Membaca novel berbahasa Inggris bisa memperkaya kosa kata Anda. Sambil membaca novel, Anda bisa menyiapkan note dan pulpen untuk mencatat kosa kata yang mungkin belum Anda pahami. Setelah selesai, barulah Anda bisa mengambil kamus dan mencari artinya. 

Nah, itulah tadi beberapa tips belajar bahasa Inggris versi anak muda milenial.
Selamat mencoba!

Semoga bermanfaat!